Mau Libur ke Luar Negeri dengan Si Kecil? Simak Tips dan Syarat Mudah Pembuatan Pasport untuk Anak Berikut

By On Monday, August 21st, 2017 Categories : Tips Gratis

Cara membuat Pasport online – Yuhu, musim liburan tiba. Bunda dan Panda ingin ajak anak liburan? Wah, asik dong apalagi liburan ke luar negeri, yah, misalnya ke Malaysia gitu. Tapi jangan sampai ngga ada paspor, walaupun masih kanak-kanak sudah wajib kok punya passport.

 

Contoh Pasport

Lalu apa sih syaratnya? Kan anak-anak beda dengan dewasa. So, dalam artikel kali ini memang akan dibahas soal itu semua. Biar orang tua ngga bingung. Pada prinsipnya, apa yang dishare dalam artikel ini resmi. Jadi ngga perlu bingung atau ragu dengan kevalitannya.

Cara dan Syarat Membuat Pasport untuk Anak

Berdasarkan aturan yang diterapkan pada Kantor Imigrasi, syarat dan ketentuan pembuatan paspor anak sebagai berikut.

  1. Kartu Tanda Penduduk Orangtua.

Anak usia di bawah 17 tahun tentu masih belum memiliki Kartu Identitas resmi kependudukan. Sebagai gantinya, milik orangtuanya. Penunjang data, termasuk alamat orangtua. Memenuhi syarat kewarganegaraan Indonesia.

  1. Kartu Keluarga

Saat pindah rumah, pasti Kartu Keluarga juga akan berubah. Sebagai acuan asal-usul penduduk. Kartu Keluarga penting.

  1. Akta Kelahiran

Pencatatan sipil tak akan luput dengan hal ini. Akta kelahiran sebagai bukti tanda kelahiran. Penunjang Kartu Keluarga. Penjelasan lugas kelahiran anak.

  1. Buku Nikah orangtua, mengisi surat pernyataan yang ditandatangai oleh kedua orangtua.

Sebagai wujud anak hasil dari pernikahan yang legal di mata hukum. Maka buku nikah menjadi syarat yang mutlak. Bagi orangtua yang sudah bercerai, maka wajib melampirkan akta perceraian juga surat penetapan hak asuh dari pengadilan.

  1. Orangtua wajib mendampingi anak saat sesi wawancara.

Sebagai bukti persetujuan orangtua, anak pergi ke luar negeri.

Loading...
  1. Jika sebelumnya sudah memiliki paspor, dan ingin melakukan penggatian paspor. Maka wajib untuk melampirkan paspor yang lama.
  2. Apabila sudah mengganti nama, wajib melampirkan surat penetapan ganti nama.

Point-point yang sudah dipaparkan di atas menjadi syarat penting saat sang buah hati berangkat ke luar negeri bersama orangtua.

Persyaratan akan sedikit berubah jika anak berangkat tanpa di dampingi orang tua. Seperti kasus pertukaran pelajar ke manca negara. Syarat-syarat yang diperlukan menjadi.

  1. KTP orangtua yang masih berlaku, atau surat keterangan pindah ke luar negeri.
  2. Surat keterangan pindah ke luar negeri atau KTP orang yang ingin membawa ke luar negeri, yang masih berlaku.
  3. Paspor orang yang akan membawa ke luar negeri.
  4. Akte perkawinan orang tua atau buku nikah orangtua.
  5. Membuat surat pernyataan yang bermaterai, dengan pihak utama dari orang yang akan membawa anak ke luar negeri. Isi surat pernyataan; berupa pernyartaan bertanggung jawab kepada anak juga terhadap keberadaan paspornya. Berupa surat penyataan keberangkatan, maupun kepulangan ke Indonesia.
  6. Persyaratan yang dibutuhkan, semuanya difotokopi dengan ukuran kertas A4, termasuk ktp juga di fotokopi. Untuk form surat pernyataan, sudah tersedia di kantor imirgrasi. Sebagai gantinya, cukup membayar sesuai harga yang ditetapkan. Tidak hanya di fotokopi, dokumen asli juga harus dismpan baik-baik.
  7. Di tahap ini, orangtua juga wajib menghandiri wawancara. Tak hanya sang anak yang akan diwawancara, orangtua menjadi peranan penting. Petugas imigrasi akan mudah mendata. Bila berhalangan hadir, bisa didampingi oleh orang yang diberi kuasa.

Bikin paspor anak, bayar atau gratis sih?

Harga pembuatan paspor anak dan dewasa sangat sama, bedanya hanya di bagian syarat dokumen yang diperlukan. Detailnya begini.

  1. Pembuatan paspor baru atau penggantian 24 halaman, dipatok dengan harga Rp. 155.000,-. Dengan catatan tarif serupa akan berlaku jika bagi penggantian paspor yang disebabkan rusak/hilang namun paspor masih berlaku.
  2. Untuk paspor biasa baru/penggantian 48 halaman, Rp. 355.000,-
  3. Paspor elektronik baru/ pergantian 48 halaman, sebesar Rp.655.000,-. Tarif yang sama untuk penggantian paspor elektronik yang hilang/rusak tapi masih berlaku.
  4. Penggantian paspor elektronik 48 halaman yang hilang/ rusak belaku tarif 1.255.000,-.

Nah, kalau melakukan penggantian karena hilang, maka surat keterangan hilang dari polisi wajib untuk dilengkapi.

Jika melakukan pendaftara secara online, maka bukti pembayaran permohonan paspor secara online wajib dibawa saat datang ke kantor imigrasi.

Ngga susah, kan? Semuanya bisa dibuat asal ikuti saja prosedur dan paling penting sabar. Selamat berlibur. Semoga plesiran kali ini lebih menyenangkan! Salam.

Mau Libur ke Luar Negeri dengan Si Kecil? Simak Tips dan Syarat Mudah Pembuatan Pasport untuk Anak Berikut | Ayashi | 4.5