Pemanfaatan Gas Alam Dalam Kehidupan

Pemanfaatan Gas Alam Dalam Kehidupan

endonesia.id – Gas alam biasanya di temukan di pertambangan. Seperti Indonesia mempunyai kekayaan minyak begitu berlimpah. Namun SDM belum bisa mengolahnya dengan baik. Sehingga hasil mentahnya di eksport ke luar negeri. Pemanfaatan gas alam dapat di gunakan setiap hari.

Gas alam berasal dari tumpukan fosil yang terpendam ribuan tahun lalu. Keberadaanya pada lapisan bebatuan kapur. Unsur penyusunnya gas yaitu metana dimana molekul hidrokarbonnya mempunyai rantai paling pendek serta ringan.

Metana merupakan unsur utamanya pemanfaatan gas alam dan memberikan efek rumah kaca. Maka terjadi global warming apabila gasnya sampai di atmosfer. Secara umum memang sebagai sumber energi tapi dampaknya juga mengakibatkan polutan buruk.

Namun efek dari metana berubah menjadi efek rumah kaca hanya berlangsung sementara. Karena pada lapisan atmosfer telah terjadi reaksi bersama ozon yang menghasilkan CO2  dan air.
Pemanfaatan Gas alam pada dasarnya tidak memiliki racun di dalamnya. Sehingga untuk menghilangkan racun tersebut di lakukan pemprosesan agar mengurangi bahaya pada pernapasan. Karena pernapasan akan terasa kecekik jika menghirup racun tersebut.

Sifat gas alam memang bahaya karena bisa mengakibatkan kebakaran. Tetapi menjadi hal yang berguna bagi semua orang. Khususnya dalam keseharian sangat membutuhan seperti untuk bahan bakar sepeda motor.

Kelebihan Pemanfaatan Gas Alam

Kelangsungan kehidupan tidak terlepas dari penggunaan gas. Hampir seluruh lapisan masyarakat menggunakannya untuk kepentingan setiap hari. Dengan demikian inilah kelebihan gas alam yang sering kita jumpai:

Tercampur Udara Dengan Mudah

Sifat gas alam itu ringan jika di satukan dengan udara. Maka tidak sulit untuk bisa menyebar hingga atmosfer. Berbeda lagi jika pada ruangan tertutup, maka penyebaran gas hanya di titik campuran sehingga menyebabkan kebakaran.

Baca juga :   Cara Main Saham Pemula dan Tips Mudah Mendapat Untung

Seperti halnya anjuran penggunaan gas elpigi dimana jika terjadi ketidakfungsian di minta menaruhnya pada luar ruangan. Gunanya agar menghindari kebocoran dan mengakibatkan kebakaran.

Menyisakan Sedikit Abu

Maksudnya jika gas terbakar, bekas yang ditimbulkan hanya abu. Gas alam sangat efisien dibanding minyak bumi. Sampahnya cenderung sedikit dimana tidak menimbulkan pencemaran.

Pemanfaatan Gas Alam

Gas sangat dekat dengan aktivitas kita setiap hari. Mulai dari pekerjaan dalam rumah hingga di luar. Berikut manfaat gas alam bagi kita dimana memberikan kemudahan juga dampak signifikan.
Bahan Bakar

Penggunaan dimanfaatkan guna bahan bakar motor ataupun pembangkit listrik. Jika tanpa adanya gas kita tak bisa menjalankan aktivitas. Ketersediaanya mampu meningkatkan produktivitas kerja. Dengan demikian kita telah melakukan pemanfaatan gas alam semaksimal mungkin.

Pemanfaatan Gas Alam Bahan Baku

Pemanfataannya tidak hanya sekedar bahan bakar saja. Namun untuk bahan baku pembuatan pupuk, obat, cat, soft drink dan lain sebagainya. Sehingga gas mempunyai beraneka manfaat ketika kita mengetahui cara penggunaannya.

Komoditas Energi Ekspor

Selain di gunakan di masyarakat kita, tentunya juga dimanfaatkan oleh negara lain. SDA kita yang begitu melimpah mampu meng ekspor sepeti LNG. Biasanya pengiriman di lakukan kepada negara yang mampu membeli dengan harga tinggi.

Hasil penjelasan di atas bisa kita simpulkan bahwasannya gas alam mempunyai manfaat banyak bagi kehidupan. Maka dari itu pemanfaatan gas alam harus di atur sedemikian rupa. Tujuannya agar lebih hemat energi dan tidak cepat habis. Agar bisa menikmatinya lebih lama lagi. Karena pada dasarnya tidak ada sumber alam yang selamanya ada jika kurang mampu mengelolanya dengan baik. Bahkan kita belum tentu bisa mengolahnya sendiri secara maksimal.

Baca juga :   5 Jajanan Pasar Ini Bisa Dijadikan Ide Untuk Bisnis Usaha Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *