Juara Moto GP Terbanyak Siapa Ya?

Juara Moto GP Terbanyak Siapa Ya?

endonesia.id – Walau perlombaan pertama kali diselenggarakan pada tahun 1949, kita bisa bilang bahwa Juara Moto GP pertama kali adalah Valentino Rossi dari Italia pada tahun 2002. Mengapa demikian? Ini tidak terlepas dari kenyataan bahwa sebelum tahun 2002, lomba kebut-kebutan motor ini dikenal dengan nama GP500. Juara pertama pada tahun 1949 adalah Leslie Graham dari Inggris.

Perubahan nama disebabkan karena kapasitas total mesin. Dari 500 cc, sempat naik menjadi 990 cc, kembali ke 800 cc, dan pada akhirnya kapasitas mesin dinaikkan menjadi 1000 cc sejak tahun 2010 sampai sekarang. Meskipun demikian jika kita berbicara tentang negara yang memiliki jawara Moto GP yang paling banyak, kita tetap menghitung juara mesin 500 cc. Inilah lima negara yang punya juara terbanyak:

1. Italia

Italia memenangkan total 20 gelar juara Moto GP, 15 gelar diantaranya dipersembahkan dua orang rider: Giacomo Agostini dan Valentino Rossi, masing-masing dengan delapan dan tujuh gelar.

Masetti Umberto mempersembahkan dua gelar pada negaranya, Libero Liberasi memenangkan gelar kampium pada tahun 1957, dan sisa dua gelar lainnya dipersembahkan oleh Marco Luchinelli dan Franco Uncini pada tahun 1981 dan 1982.
Dengan demikian Italia adalah negara yang punya jawara terbanyak dari enam orang pebalap.

1. Inggris

Kini tak punya wakil di Moto GP sejak Cal Crutchlow mengundurkan diri tahun lalu, Inggris punya 17 gelar juara Moto GP dari enam ridernya. Keenam rider tersebut adalah: Leslie Graham dengan 1 gelar, Geoff Duke dengan 4 gelar, John Surtees dengan 4 gelar, Mike Hailwood 4 gelar sampai Phil Read dengan 2 gelar serta Barry Sheene dengan 2 gelar.

Baca juga :   Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

1. Amerika Serikat

Sama seperti Inggris yang sekarang tidak punya wakil yang berlomba di MotoGP, Amerika Serikat punya tujuh juara Moto GP. Bahkan Amerika Serikat adalah negara yang paling banyak punya juara kuda besi tercepat di dunia ini.

Ketujuh pebalap itu masing-masing adalah: Eddie Lawson dengan 4 gelar, Kenny Roberts dengan 3 gelar, Wayne Rainey dengan 3 gelar, Freddie Spenser dengan 2 gelar, Kevin Schwantz, Kenny Roberts Jr. dan Nicky Hayden. Tiga terakhir masing-masing mempersembahkan 1 gelar.

1. Spanyol

Spanyol yang merajalela menjuarai Moto GP terbanyak dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir nyatanya hanya punya empat orang juara Moto GP. Itu karena Spanyol hanya pernah juara satu kali di era 500 cc di lewat Alex Criville pada tahun 1999. Setelah kejuaraan berganti nama menjadi Moto GP barulah Spanyol merajalela dengan Jorge Lorenzo yang merebut tiga gelar dan Marc Marquez yang merebut enam gelar.

Jawara teakhir adalah Joan Mir yang mempersembahkan gelar bagi Spanyol tahun lalu. Total Spanyol punya 11 gelar jawara di Moto GP.

1. Australia

Australia punya delapan gelar dari tiga juara Moto GP yang semuanya adalah legenda yaitu Wayne Gardner, Mick Doohan dan Casey Stoner yang masing-masing mempersembahkan satu, lima dan dua gelar. Tahun ini ada Jack Miller yang mewakili negeri kangguru dan berusaha merebut gelar juara.

Demikianlah lima negara yang punya gelar juara Moto GP paling banyak. Yang tidak kita sangka-sangka memang Inggris dan Amerika Serikat yang dulu pernah malang melintang di dunia balap motor. Di era modern nampaknya Spanyol adalah negara yang paling sukses dengan pembibitan rider berkualitas dan Italia masih membayangi sebagai negara kuat di balapan kuda besi.

Baca juga :   Man City VS West Ham, Kedua Tim Terbaik di Liga Inggris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *