Teknik Dasar Permainan Bola Voli yang Aman

Teknik Dasar Permainan Bola Voli yang Aman

endonesia.id – Teknik dasar permainan bola Voli merupakan jenis olahraga bola besar yang hanya menggunakan alat 2 alat yang berupa bola voli dan net pembatas saja. Permainan ini, dilakukan oleh 6 orang dalam 1 tim.

Tak jarang, orang-orang pemula yang sedang belajar olahraga ini, sering merasakan sakit pada bagian punggung tangan hingga pada yang paling parah adalah lebam dan memar.
Lebam dan memar, muncul akibat adanya kesalahan dalam praktik teknik dasar. Nah, kali ini kita akan belajar tentang teknik dasar permainan bola voli yang aman, dan minim cedera. Simak terus ya J

4 Teknik Dasar Permainan Bola Voli Minim Cedera

Teknik dasar voli, yang harus dipahami minimal ada 4 jenis. Yuk, kita pelajari satu persatu.

Servis

Jenis pukulan pada teknik dasar permainan bola voli ini merupakan jenis pukulan yang berfungsi sebagai permulaan permainan, dan juga saat adanya tambahan poin dari salah satu tim.
Pada pukulan ini, ada beberapa langkah untuk melakukannya, yaitu :

  • Bola dipegang dengan utamanya dengan tangan kiri ataupun juga bisa dengan tangan kanan untuk yang kidal.
  • Bola dilemparkan ke atas, setinggi atas kepala, dan biarkan turun sampai sejajar dengan bahu.
  • Setelah bola dilempar ke atas, tangan yang kanan, diayunkan dari belakang, ke depan hingga mengenai bola. Perkenaan bola tepat pada pergelangan tangan yang mengepal seperti memeras santan.
  • Posisi kaki, seperti kuda-kuda, yang mana, kaki yang berada di depan merupakan kaki yang tangannya memegang bola.

Passing bawah

Pukulan ini hampir mirip dengan servis, namun yang membedakan adalah, pukulan ini menggunakan 2 tangan dengan posisi tangan kanan seperti memeras santan. Tangan kiri menangkup tangan kanan, dengan posisi ibu jari yang sama dengan tangan kanan. Perkenaan tangan pada pukulan ini adalah pada pergelangan tangan hingga lengan bawah bagian depan.
Pukulan ini berfungsi sebagai pertahanan serangan bola rendah dari tim lawan. Untuk posisi kaki, normalnya, dengan posisi kuda-kuda terbuka.

Baca juga :   Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

Passing atas

Teknik dasar permainan bola voli dengan pukulan ini biasanya digunakan saat menerima servis, menerima dan mengoperkan bola ke teman 1 tim. Juga untuk mengembalikan bola yang cukup dijangkau oleh pemain depan.

Pukulan ini hanya dilakukan dengan di atas kepala menggunakan jari-jari tangan yang terbuka seperti mangkuk yang menghadap ke depan. Posisi kaki pada pukulan ini biasanya diawali dengan menekuk lutut sedikit, kemudian saat menyambut bola lutut mendorong tubuh ke atas dengan posisi kaki lurus.

Teknik Dasar Permainan Bola Voli Smash

Pukulan ini biasanya digunakan sebagai serangan keras pada tim lawan, dan juga sebagai sarana pertahanan yang kuat. Untuk mendapatkan pukulan yang kuat dan mematikan lawan, biasanya, pukulan ini di awali dengan sedikit berlari. Pukulan ini dilakukan dengan meloncat ke atas dan bola dipukul dengan keras menggunakan satu tangan terbuka, dan perkenaan bola ada pada telapak tangan.

Salah satu tips, jika tangan telah terlanjur memar dan lebam, maka untuk menanganinya adalah dengan cara kompres dengan es batu pada bagian tangan yang lebam, setidaknya itu dapat mengurangi efek yang muncul.

Maka, untuk menghindari cendera, sebaiknya pahami beberapa cara di atas sebagai teknik dasar dalam permainan bola voli, termasuk dengan perkenaan bola pada tangan. Karena, memar dan lebam dapat terjadi akibat perkenaan bola yang tidak tepat.

Selain itu, teknik bermain voli, tidak hanya berupa hal-hal teknis yang telah dijelaskan, namun juga mental yang tidak takut terhadap bola, akan menyebabkan pelatihan teknik dasar permainan bola voli ini lebih cepat dalam menguasai teknik dasar ini. Sekian dulu pembahasan kita kali ini semoga bermanfaat bagi kalian yang ingin belajar bermain voli J

Baca juga :   Man City VS West Ham, Kedua Tim Terbaik di Liga Inggris

Originally posted 2021-07-11 21:05:18.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *