Sakit Kepala Sebelah Kanan, Berikut 4 Penyebabnya

Sakit Kepala Sebelah Kanan, Berikut 4 Penyebabnya

endonesia.id – Gangguan sakit kepala sebelah kanan adalah penyakit yang sering dialami banyak orang. Rasa sakit di bagian kepala tentu sangat mengganggu aktivitas harian. Namun, tidak jarang dari mereka yang beranggapan bahwa itu adalah sakit biasa.

Pada artikel ini akan diulas mengenai apa saja kemungkinan yang menyebabkan sakit kepala sebelah kanan. Karena sebaiknya memang perlu diketahui, agar kita lebih berhati-hati dan menjaga kesehatan.

Ternyata sakit kepala tidak hanya dirasakan pada seluruh bagian kepala. Ada kalanya yang mengeluhkan sakit kepala hanya bagian kanan, kiri, depan ataupun belakang saja. Melihat banyaknya keluhan tersebut, maka tidak ada salahnya jika kita belajar terkait penyebab sakit kepala.

Inilah 4 Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kanan

Umumnya sakit kepala ditandai dengan gejala pusing, nyeri, mata menjadi berkunang, bahkan bisa sampai mual. Tidak bisa diabaikan lagi ketika melihat gejala tersebut. Kita harus mengetahui penyebabnya.

1. Gaya Hidup

Memang benar kata pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati. Seperti halnya sebelum merasakan sakit kepala, sebaiknya kita menerapkan gaya hidup yanh sehat. Berikut adalah hal-hal yang kita harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan:

  • Menghindari stress

Ternyata stress adalah penyebab utama sakit kepala. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Tanjadu, Runtuwene, Kembuan (2016), stress menduduki peringkat pertama faktor penyebab nyeri kepala. Dari hasil riset ditemukan sebanyak 149 orang atau 84, 6 % mengalami sakit kepala akibat stress.

  • Mengatur pola tidur

Pastinya kalian juga pernah merasakan, efek dari kurang tidur. Saat waktu tidur berkurang maka bisa menyebabkan kurang fokus, mata menjadi sayu, raut muka lesu, ngantuk serta sakit kepala. Data hasil riset menunjukkan bahwa perubahan pola tidur menjadi faktor yang menyebabkan sakit kepala. Tercatat sebanyak 62, 5%, jumlah tersebut menduduki peringkat kedua setelah stress. Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk mengatur pola tidur yang cukup.

Baca juga :   Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Hindari Kebiasaan Buruk

  • Tidak mengkonsumsi alkohol

Larangan mengkonsumsi alkohol memang bukan sembarang larangan. Ternyata banyak efek negatif jika kita mengkonsumsinya. Selain merusak organ dalam yaitu ginjal, pankreas, jantung, ternyata bisa merusak syaraf dan otak. Pastinya sakit kepala yang dialami akan terasa, jika organ otak rusak.

  • Kurangi aktivitas merokok

Tercatat dari data penelitian, 38, 6 % menunjukkan resiko yang menyebabkan nyeri kepala akibat asap rokok. Bisa dibuktikan, bahwa sebagain orang akan merasa pusing jika terlalu banyak menghirup asap rokok.

  • Melakukan olahraga secara rutin

Menjaga kesehatan harus dilakukan, salah satunya yaitu dengan olahraga. Pasalnya dengan berolahraga maka akan menambah kebugaran pada tubuh. Manfaat lain seperti pelenturan otot, menghindari stress, memicu keluarnya keringat. Dengan melakukan olahraga rutin maka resiko terkena penyakit pun akan berkurang.

Buang Kebiasaan Lama

  • Menggunakan ganget atau laptop sesuai keperluan

Terlalu lama di depan layar laptop ternyata bisa mengakibatkan sakit kepala. Apakah benar? Ternyata terbukti dari data penelitian yang menunjukkan bahwa sebanyak 31, 8% akibat menonton atau bermain laptop menjadi pemicu nyeri kepala.

  • Neuralgia Oksipital

Inflamasi yang memicu rasa nyeri kepala ini terjadi karena saraf oksipital yang meradang. Saraf ini berada di otak manusia bagian belakang. Namun, efek dari inflamasi tersebut bisa terjadi pada salah satu sisi dari bagian kepala. Gejala lain yang dialami seperti sensitifitas terhadap cahaya, bagian belakang mata dan leher terasa nyeri, dan kepala seperti terbakar.

  • Arteristis Temporal

Inflamasi ini terjadi pada pembuluh darah arteri temporal. Inflamasi pada granulomaltosa ini menimbulkan gejala sakit kepala dengan total persen sebanyak 72%. Akibat dari penyakit ini akan menganggu penglihatan penderita, demam, bahkan sampai menurunkan berat badan. Jika tidak ditangani dan mencapai titik kronis bisa menyebabkan kebutaan mata.

  • Migrain
Baca juga :   Cara Mengatasi Kulit Bersisik Dengan Bahan Alami

Umumnya orang yang mengalami migrain akan merasakan nyeri atau kepala yang terasa berdenyut. Gejala lain yang timbul seperti rasa mual, ingin muntah, dan sensitif terhadap suara. Penyakit saraf ini biasanya terjadi pada salah satu sisi kepala saja.

Keempat hal di atas adalah kemungkinan yang menyebabkan sakit kepala sebelah kanan. Apabila dirasa sangat menganggu aktivitas, kalian bisa konsultasi ke dokter agar diberikan obat sesuai gejalanya. Semoga bermanfaatšŸ˜Š

Originally posted 2021-07-14 20:38:51.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *