Lawang Sewu Semarang, Keindahan Arsitektural Bangunan Yang Unik

Lawang Sewu Semarang, Keindahan Arsitektural Bangunan Yang Unik

Berlibur ke Kota Semarang memang kurang lengkap jika tak mengunjungi Lawang Sewu. Pasalnya tempat wisata bersejarah ini memiliki nilai arsitektur yang sangat tinggi. Model bangunan peninggalan masa lampau yang hingga kini masih terjaga akan keaslian bentuknya. Maka tak heran bila meyambangi Lawang Sewu seakann-akan sedang dibawa kembali ke masa lalu.

Menikmati arsitektur bangunan khas jaman Belanda dari Lawang Sewu patut diabadikan. Karena itulah, tak jarang kalangan fotografer yang menjadikan Lawang Sewu sebagai spot fotografi yang indah dan unik. Menariknya lagi, jika bertandang ke Lawang Sewu anda semua bisa belajar sejarah masa lampau. Inilah Lawang Sewu Semarang, keindahan arsitektural bangunan yang unik.

Keindahan Arsitektural Bangunan Unik dari Lawang Sewu Semarang

Asal Muasal Pembangunan Lawang Sewu

Berkunjung ke Lawang Sewu memang cukup mudah karena berada di pusat kota, tepatnya di area Bundaran Tugu Muda, Semarang. Rupanya bangunan unik tersebut dibangun mulai tahun 1904 dan memakan waktu 3 tahun lamanya. Bentuk rancangan bangunan Lawang Sewu merupakan ide dari seorang arsitektur Belanda B.J Quendag dan J.F Klinkhamer.

Sementara itu, dahulunya Lawang Sewu adalah bangunan yang hanya difungsikan sebagai kantor pusat NIS atau perusahaan kereta api milik kolonial Belanda.  Namun setelah Indonesia merdeka, bangunan Lawang Sewu erpindah tangan dan digunakan oleh PT. Kereta api Indonesia atau Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia. Kendati demikian, Lawang Sewu pernah digunakan untuk urusan kantor kementrian perhubungan Jawa Tengan dan kantor badan prasarana kodam IV/Diponegoro.

Baca juga :   Asyiknya Menikmati Pemandian Sulfur di Pulau Marisa, Objek Wisata Danau Ranau

Nilai Sejarah Wisata Lawang Sewu

Lawang sewu adalah salah satu tempat yang menjadi saksi pertempuran lima hari di Kota Semarang. Termasuk salah satunya lokasi pertempuran Angkatan Muda Kereta Api melawan kempetai dan kidobutai Jepang. Pemerintah setempat selalu menjaga keberadaan lawang sewu dengan rutin dan selalu melakukan renovasi di bagian yang dirasa sudah terlalu tua. Bahkan terakhir kali bangunan Lawang Sewu direvitalisasi sekitar tahun 2011 lalu.

Kisah Mistis Yang Ada Di Lawang Sewu

Siapa sangka banyak sekali kisah mistis saat berada di Lawang Sewu. Kisah mistis tersebut dituturkan oleh orang-orang yang mempunyai kemampuan spiritual pada saat berkunjung ke tempat ini. Alhasil mereka mengaku telah melihat banyak penampakan yang terlihat di dalam ruangan Lawang Sewu. Banyaknya ruangan gelap di Lawang Sewu ini semakin menambah kesan misterius, yang membuat Lawang Sewu terlihat semakin misterius dan menyeramkan.

Hal Menarik Saat Berada Di Lawang Sewu

Seperti yang kita  tahu bahwa Lawang Sewu memiliki empat buah bangunan. Paling tidak anda bisa menyewa guide untuk memandu dan menceritakan mengenai sejarah di setiap bangunan tersebut. Lawang sewu terbagi menjadi tiga lantai. Untuk dapat sampai ke lantai kedua, anda dapat menaiki anak tangga yang disandingkan dengan pemandangan dinding kaca berwarna warni. Namun di dalam ruangan Lawang sewu terasa begitu pengap dan agak gelap  sehingga membuat suasana merasa ngeri dan menakutkan.

Bagaimana, anda ingin merasakan sensasi berkunjung ke Lawang Sewu? Ajak anggota keluarga dan teman-teman agar liburan semakin seru dan menyenangkan. Selamat berlibur.

 

Originally posted 2021-08-21 05:21:19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *