Bermacam Manfaat Dibalik Wanginya Bunga Cempaka

Bunga cempaka. Mungkin sebagian dari kita masih asing mendengarnya. Bunga cempaka termasuk bunga hias. Dapat tumbuh di daerah beriklim tropis atau sub tropis. Nama lain dari bunga cempaka adalah bunga kantil. Mungkin sebagian mengira bunga cempaka ini identik dengan hal mistis karena aroma wanginya yang cukup tajam dan sering menjadi bagian dalam ritual tertentu seperti ritual keagamaan. Namun siapa sangka bunga cempaka merupakan bunga yang dimanfaatkan dalam bidang kesehatan dan kecantikan.

Bunga cempaka yang sering dijumpai berwarna putih. Ternyata selain putih, terdapat warna lain yaitu merah, ungu, dan kuning. Bentuk dari bunga cempaka cukup berbeda dari bunga yang lain karena tidak adanya mahkota dan kelopak bunga. Bunga cempaka yang dirawat dengan tepat akan tumbuh tinggi mencapai 30 meter.

Biasanya tanaman ini tumbuh di area teduh di bawah sinar matahari. Keunikan lain dari bunga cempaka adalah pada malam hari wanginya akan semakin tajam, khususnya cempaka putih. Meskipun sudah dipetik dari pohonnya, aroma dari bunga ini akan tetap harum. Oleh karenanya tanaman ini cocok untuk ditanam di halaman rumah sebagai penghias dan pengharum alami sebelum masuk ke dalam rumah.

Perbedaan warna pada bunga cempaka beda juga perawatannya. Contohnya perawatan pada bunga cempaka merah. Bunga cempaka merah jarang sekali kita jumpai. Itu karena bunga cempaka merah hanya mekar selama kurang lebih 2 jam saja. Selebihnya bunga akan layu dan berubah menjadi bunga cempaka biasa. Hal inilah yang membuat bunga cempaka merah dijual dengan harga yang cukup mahal sekitar 1 hingga 3 juta rupiah.

Selanjutnya ada bunga cempaka kuning. Cempaka kuning terkenal dengan sebutan cempaka wangi karena dari cempaka lainnya , cempaka kuning memiliki wangi yang paling kuat. Bunga ini memiliki bentuk daun seperti telur dengan warnanya yang hijau terang.

Baca juga :   Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Dan selanjutnya adalah cempaka ungu. Bunga ini mulai mekar pada awal musim hujan dan biasanya tumbuh di dataran tinggi. Daun yang terdapat pada rantingnya pun sedikit. Bunga cenderung tumbuh banyak pada rantingnya.

Bisa dilihat jika bunga cempaka jauh dari hal berbau mistis. Bunga cempaka memiliki manfaat seperti yang telah disebutkan sebelumnya yaitu dalam bidang kesehatan dan kecantikan. Dalam bidang kesehatan ,cempaka putih dapat dimanfaatkan untuk membantu mengurangi vertigo. Cukup dengan mengambil 5-7 kuntum bunga dan merebusnya kurang lebih 10 menit, lalu tunggu hingga sedikit hangat dan air rebusan siap dikonsumsi.

Selain membantu mengurangi vertigo, bunga cempaka putih dapat juga membantu mengobati gangguan saluran pernafasan, perut kembung, bau badan, batuk berdahak, menjaga kesehatan gigi, mengatasi keputihan dan juga sebagai detoks alami. Kandungan senyawa alkaloid mikelarbina dan liriodenina yang bersifat diuretik pada bunga cempaka dapat membantu proses pengeluaran racun dalam tubuh. Jadi dari beberapa diantaranya dapat dicoba sesuai dengan kebutuhan.

Dalam bidang kecantikan, bunga cempaka juga memiliki beberapa manfaat yang tak perlu lagi diragukan. Karena memiliki harum yang khas, bunga cempaka putih biasanya digunakan sebagai pewangi rambut. Hasil air rebusan cempaka putih dapat langsung digunakan dengan cara membasuhnya pada rambut. Pastikan air tersebut tidak dibasuhkan dalam keadaan panas. Cara alami tersebut cukup membantu memberikan efek lebih wangi pada rambut.

Melalui manfaat yang dapat diperoleh, bunga cempaka cocok dijadikan sebagai tanaman hias di rumah dengan bermacam keuntungan.

Originally posted 2021-07-12 05:36:27.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *