Lemon Dan Kandungannya Yang Bermanfaat

Anda tentunya mengenal buah lemon yang rasanya asam itu bukan? Sering kali orang-orang menyamakan buah lemon dengan buah jeruk nipis, padahal kedua buah itu merupakan buah yang berbeda meskipun benar memang keduanya memiliki beberapa kemiripan. Dari bentuknya saja bisa langsung kita ketahui dimana letak perbedaannya. Buah lemon memiliki warna yang kuning terang saat matang sedangkan buah jeruk nipis tetap berwarna hijau kulit buahnya meskipun sudah matang. Bentuk buah lemon juga sedikit lonjong jika dibandingkan dengan buah jeruk nipis yang bulat. Untuk rasanya pada buah lemon tidak sepenuhnya asam dan ada sedikit rasa manis yang ada di dalamnya, sedangkan pada jeruk nipis rasanya benar-benar sepenuhnya asam. Untuk kandungan vitamin C di dalamnya buah lemon memiliki kandungan vitamin C yang hampir 2 kali lebih banyak daripada yang ada pada jeruk nipis. Kandungan vitamin C dalam buah lemon adalah 50 mg per buahnya, sedangkan pada jeruk nipis hanya 27 mg per buahnya. Namun masih banyak kandungan lainnya dalam buah lemon yang bermanfaat dan tentunya buah ini tidak hanya bermanfaat karena vitamin C yang tinggi di dalamnya.

Jika Anda mengkonsumsi 1,5 buah sampai 3 buah lemon setiap harinya maka sudah sangat cukup memenuhi kebutuhan vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh. Wanita membutuhkan 75 mg vitamin C setiap harinya, sedangkan pria membutuhkan 90 mg vitamin C untuk tubuhnya setiap harinya.  Ada banyak sekali manfaat vitamin C untuk kesehatan tubuh, dengan vitamin C maka bisa mencegah penuaan dini dan membuat kulit Anda lebih cerah. Vitamin C juga bisa memperkuat kekebalan tubuh Anda, sehingga Anda tidak mudah terkena penyakit. Kandungan vitamin C sangat dibutuhkan terutama pada cuaca yang sering berubah-ubah. Dengan vitamin C Anda bisa terhindar dari penyakit flu, sariawan dan penyakit lainnya yang berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh. Anda juga bisa menjaga kesehatan mata Anda dengan rajin mengkonsumsi vitamin C. Kemudian saat Anda terluka, maka kandungan vitamin C dalam tubuh akan membantu Anda untuk cepat dalam menyembuhkan luka atau infeksi tersebut.

Baca juga :   Sakit Kepala Sebelah Kanan, Berikut 4 Penyebabnya

Selain dari vitamin C, buah lemon ini juga mengandung kandungan asam sitrat sebanyak 5% di dalamnya, kandungan asam sitrat ini sangat baik untuk detoksifikasi dalam tubuh Anda. Asam sitrat ini bisa merangsang organ hati untuk memproduksi enzim yang nantinya bisa menyerap racun yang ada di dalam darah Anda, kemudian membuangnya melalui urine. Kandungan ini tentunya sangat penting agar tidak ada racun atau zat-zat tidak dibutuhkan yang ada di dalam darah Anda. Selain itu kandungan kalium yang ada di dalam buah lemon juga termasuk tinggi, sehingga bisa mencegah adanya gangguan pada organ hati. Serta baik untuk mengontrol tekanan darah, detak jantung serta sangat baik untuk perkembangan otak.

Di dalam buah lemon ini juga terdapat kandungan bernama d-limonen yang ada di dalam buahnya sebanyak 68%, kandungan ini bisa ditemukan di seluruh bagian buah lemon. Menurut penelitian yang dilakukan di daerah Mediterania menemukan bahwa penduduknya yang rajin mengkonsumsi minuman lemonade yang terbuat dari semua bagian buah lemon termasuk kulitnya memiliki resiko yang sangat kecil terkena obesitas dan penyakit kanker.  Sebab d-limonen ini merupakan kandungan antioksidan yang amat sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Jadi sama sekali tidak ada alasan untuk rajin mengkonsumsi buah lemon.

Originally posted 2021-07-06 05:33:11.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *