Wortel Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh

Wortel adalah salah satu buah berwarna oranye yang dikenal secara luas memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan mata.  Sudah bukan rahasia lagi jika Anda mengkonsumsi wortel secara rutin maka bisa membantu Anda menghindari beberapa penyakit yang berkaitan dengan mata seperti katarak, mata rabun dan lain sebagainya. Sehingga jika Anda ingin terus mempertahankan kesehatan mata Anda sebaiknya Anda serius dan rutin mengkonsumsi wortel setiap harinya. Wortel bisa dikonsumsi secara mentah maupun diolah menjadi makanan atau minuman terlebih dulu. Namun sebenarnya buah wortel ini tidak hanya baik untuk kesehatan mata saja, ada banyak manfaat lainnya dari buah wortel yang bisa membantu Anda untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Di dalam wortel Anda bisa mendapatkan banyak sekali kandungan vitamin dan juga mineral, sebut saja vitamin A, B, C, E dan K yang ada di dalamnya, kemudian kandungan  beta karoten, alfa karoten, kalsium, fosfor, zat besi dan kalium merupakan beberapa kandungan yang ada di dalam buah wortel.  Kemudian ada juga kandungan karbohidrat sebanyak 41 kalori, kandungan air sebanyak 88%, protein, serat, gula, lemak serta karbohidrat semuanya lengkap menjadi satu di dalam buah wortel. Untuk Anda yang sedang membutuhkan asupan beberapa kandungan baik di atas maka sudah seharusnya mulai rajin mengkonsumsi wortel.

Jika Anda mengalami masalah dengan tingginya kandungan kolesterol yang ada di dalam tubuh Anda maka sebaiknya Anda rajin mengkonsumsi buah wortel setiap harinya, sebab penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat membuktikan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi buah wortel dalam 3 minggu dengan jumlah yang tepat terbukti menjadikan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh orang-orang tersebut menjadi lebih normal. Hal ini dikarenakan adanya serat larut bernama pectin yang ada di dalam wortel yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh manusia. Maka jika Anda mengalami kondisi dimana kadar kolesterol Anda terlalu tinggi, pastikan tidak meninggalkan buah wortel pada makanan atau minuman yang Anda konsumsi setiap harinya.

Baca juga :   Hindari Makanan Berikut Ini Jika Tidak Ingin Terserang Kanker

Kemudian bagi penderita diabetes juga dianjurkan untuk mengkonsumsi wortel terutama wortel yang masih mentah, sebab wortel memiliki indeks glikemik yang amat rendah. Indeks glikemik ini adalah kemampuan makanan menaikkan gula darah  setelah dikonsumsi dan pada buah wortel ini Anda akan menemukan bahwa indeks glikemiknya sangat rendah, sehingga akan membantu penderita diabetes untuk mengontrol kadar gula dalam darahnya. Anda juga boleh mengkonsumsi wortel dalam keadaan sudah matang, meskipun indeks glikemiknya sedikit lebih tinggi daripada wortel mentah namun tetap saja lebih rendah daripada indeks glikemik bahan makanan yang lainnya. Pastikan Anda selalu mengkonsumsi wortel jika Anda menderita diabetes.

Satu hal lagi yang bisa Anda dapatkan ketika mengkonsumsi wortel secara rutin adalah Anda tidak akan mengalami konstipasi atau kesulitan buang air besar, sebab di dalam wortel terkandung serat larut utama seperti misalnya selulosa yang amat baik untuk pencernaan Anda. Sehingga jika Anda rajin mengkonsumsi wortel maka dipastikan Anda tidak akan pernah kesulitan untuk melakukan buang air besar. Selain itu juga wortel ini sangat baik untuk kesehatan otak manusia, Tidak hanya wortel saja, namun kebanyakan buah dan sayuran lainnya juga bisa membantu Anda untuk meningkatkan kinerja otak yang bisa semakin menurun seiring bertambahnya usia. Dengan demikian Anda tidak akan mengalami kondisi seperti pikun atau cepat lupa dengan banyak mengkonsumsi wortel dan buah atau sayuran lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *